Jamal Blog's

Belajar ngeblog = belajar kesabaran

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Posts

Search

Memuat...

Recent Comments

Copyright Text

Popular Posts

KISS ( kisah seputar sekuriti similikity) *season 2

KISS ( kisah seputar sekuriti similikity) *season 2

hmmmmm sekarang gw mau ngelanjutin cerita yg kemaren neh...
Kiss: kisah seputar sekuriti season2

setelah lulus dari SMa...
 gw mencoba meniti karir kehidupan gw....

Jadi SATPAM


Dan perjalanan gw yang baru akhirnya di mulai juga. Sendirian, tanpa keluarga. Tanpa teman2 gw.
Jujur.. secara mental gw nggak siap. Tapi Gw harus YAKIN..!
gw kan cowo Kalo nggak, salah terakhir gw ngecek gitu..,(?)


walaupun ga yakin, tapi tekad gw uda bulat utk jadi satpam
dan sekarang Inilah gw yang baru, sebagai pejuang kebenaran dan keadilan : satria baju putih ( SAT PAM ) *hohoho(pake gaya sinchan)....


Hmmm..
Mungkin Bagi sebagian orang, kerja jadi satpam cuma untuk orang nggak berpendidikan tinggi, dan seolah-olah cuma untuk orang males. Kalo kita tengok kerja satpam sehari-hari. Paling cuma nongkrong d pos apalagi kalo gak ada kejahatan atau tamu,
palingan kerjaanya Cuma makan, tidur, ngupil. Tidur, makan, ngupil. Tidur sambil makan upil,
Begitu terus ampe sinchan gede...

Yah, begitulah kerjaan gw...
Tapi ga gitu juga sh... ga semua satpam kerjanya enak, tergantung tuh satpam kerjaanya dmana.

satpam itu kerjaannya emank enak tapi harus punya tanggung jawab dan pengorbanan yg besar,
ngga semua orang bisa kerja jadi satpam gan..
Nah, buat jadi satpam tuh, ternyata modalnya bukan tampang sangar atau badan gede aja ...
Jadi satpam tuh syarat utamanya harus bisa lulus dalam pendidikan dan pelatihan satpam..

Nah inilah cerita gw sebelum menjadi satpam.
perjuangan gw waktu mau jadi satpam tuh, ga semudah bikin akun fesbuk....
jadi satpam itu butuh perjuangan dan pengorbanan yg sangatsangat kerass ...

Gw aja pas latihan sempet keliyengan karena kelaperan dan kepanasan,
dan gw pun sempet sakit masuk angin, mual2, pusing, demam,
akibat latihan fisik yang wajib d ikutiin calon satpam itu..
Beuh.. Sebenernya Gw ga kuat, ama latihannya,,
uda dicacimaki, kalo salah dgampar atau suru pus up 20x..
Yg paling ga enak ,
sebelum makan kita dsuru guling2 dan ngerangkak jadinya perut mual dan kepala pusing..

Gmana mau nafsu makan coba..?

Wah latihan itu bkin Badan gw remuk2, idung gw jd pesek,(emank dari sononya) rambut gw dperkosa jd botak, kulit gw berevolusi jadi item...
Dan kata dokter ternyata latihan gitu berbahaya bagi kelangsungan kegantengan wajah gw....
Dan akhirnya setelah seminggu mencekam dengan latihan fisik..
Seminggunya lagi gw dkasi teori , hukum2, dan peraturan2 yg wajib d taati seorang satpam...

Selama pelatihan teori itu gw di ajarin banyak hal,
diantaranya yaitu Dididik berkata sopan dan alus kalo lg ngelayanin tamu,
tapi harus tetep tegas dan menegakkan peraturan satpam yg berlaku...


pentingnya pendidikan satpam yg harus gw lakukan itu ternyata juga berguna buat pedoman dalam menjalankan tugas dan kewajiban gw saat jd satpam..
makanya petugas Securiti tuh, pasti selalu memberi rasa aman kepada orang lain.
Oleh sebab itu satpam tuh selalu displin dan tegas...
Selain itu Satpam juga harus punya fisik yang kuat dan punya kepribadian yang keliatannya serem, suka marah dan bengis. Siapa aja yg ngeganggu Qt haruz bisa berubah jadi monster.

yah...Itulah pelatihan dan pendidikan satpam yang gw ikutin.
 banyak suka duka yang gw dapet saat pendidikan satpam.

jangan dikira seorang SATPAM ntu semuanya sangar2 galak2 atau juga sok ramah tamah... Ngga kok...
Satpam tuh sama aja gokilnya ama orang biasa,
malah kadang2 lebih parah kelakuannya ... wkkwkw... ga percaya? '
baca aja terus Kisah2 seputar sekuriti yang gokil nan tampan ini.

Terima kasih telah membaca kisah gw...
 Doain aja semoga cerita ini masi bisa gw lanjutin ...
semoga bermanfaat dan menghibur




HEMAT AIR

HEMAT AIR YUK!

Mahluk hidup tidak bisa hidup tanpa air. Ya, manusia, tentu saja gak akan bisa hidup tanpa air. Air sangat berperan penting dalam kelangsungan hidup manusia dalam melakukan berbagai hal. Setiap hari, bahkan setiap saat kita selalu menggunakan banyak air. Tapi guys, akhir-akhir ini kalian sering dengar kan tentang krisis air? Krisis air belakangan ini banyak terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Bahkan, organisasi internasional UNESCO sudah mempediksi bahwa di tahun 2020, dunia akan mengalami krisis air global! Wah wah, bahaya kan kalo gitu. Gimana nasib kita dan generasi penerus kita kalau mereka kekurangan air? Kasihan banget kan..

Fyi, dari seluruh air yang ada di Bumi, 97% adalah air laut. Dimana 3% sisanya adalah air tawar dan hanya 1% saja yang tersedia untuk digunakan seluruh manusia. Karena 70% badan kita mengandung air, maka konsumsi akan airpun naik seiring dengan bertambahnya penduduk. Nah, karena air yang bisa digunakan manusia hanya 1%, sudah seharusnya kita menggunakan sebaik-baiknya persediaan air tersebut. Ada beberapa tips nih untuk kita sebagai anak muda untuk melakukan hal-hal simpel yang dapat membantu persediaan air di bumi tetap terjaga.'

Yang pertama, usahakan agar jangan terlalu lama mandi dan jangan menggunakan shower saat mandi. Kalian tau ga? Mandi dengan menggunakan shower akan menghabiskan 15-20 liter per menit! Bayangin kalau kita mandi lebih dari 5 menit, wah bisa sekitar 1000 liter sekali mandi! Apalagi kalau kita mandi sambil nyanyi-nyanyi gak jelas, bisa lebih banyak lagi air yang kita gunakan. Oleh karena itu alangkah lebih bijak kalau kita menggunakan bak mandi yang lebih hemat penggunaan airnya.

 

Yang kedua, kita bisa menggunakan kembali air wudhu ataupun air bekas cucian untuk menyirami tanaman sekitar. Lumayan kan, air sisa tersebut masih bisa bermanfaat untuk tanaman agar tumbuh dengan baik. Ohya guys, usahakan kalau menyiram tanaman, jangan di siang hari ya. Lebih baik menyiram di sore atau malam hari, untuk mengurangi evaporasi dar air tersebut. Evaporasi adalah proses penguapan air yang terjadi pada tiap keadaan suhu sampai udara di permukaan tanah menjadi jenuh dengan uap air. Tips yang ketiga, matikan air kran ketika kita sedang menggosok gigi ataupun mencuci. Air kran yang terus menyala akan terbuang percuma kalau tidak digunakan, sayang banget kan.

 

Kemudian yang terakhir, usahakan agar kita menggunakan tempat minum sendiri untuk dibawa kemana-mana dibandingkan membeli air mineral. Kalian tau guys? Pembuatan 1 botol air mineral membutuhkan 7 liter air. Setelah diproses, air hasil dari berbagai proses seperti penyaringan dan lain-lain hanya menghasilkan 1 liter air, sedangkan 6 liter air lainnya terbuang percuma. Maka dari itu, lebih baik kita menggunakan tempat minum yang diisi dari rumah daripada beli air mineral, hemat air dan juga hemat biaya kan! Haha.


Mudah kan melakukan tips-tips di atas? Ayo, sudah saatnya kita anak muda yang bergerak menyelamatkan bumi kita! Semangat!

Di kutip dari : berbagai sumber
Keselamatan Kerja Dalam Menjahit

Keselamatan Kerja Dalam Menjahit

Keselamatan Kerja Dalam Menjahit

JOB SAFETY ANALYSIS



JOB SAFETY ANALYSIS


Salah satu cara untuk mencegah kecelakaan di tempat kerja adalah dengan menetapkan dan menyusun prosedur pekerjaan dan melatih semua pekerja untuk menerapkan metode kerja yang efisien dan aman. Menyusun prosedur kerja yang benar merupakan salah satu keuntungan dari menerapkan Job Safety Analysis (JSA) – yang meliputi mempelajari dan membuat laporan setiap langkah pekerjaan, identifikasi bahaya pekerjaan yang sudah ada atau potensi (baik kesehatan maupun keselamatan), dan menentukan jalan terbaik untuk mengurangi dan mengeliminasi bahaya ini.

JSA digunakan untuk meninjau metode kerja dan menemukan bahaya yang :

  • Mungkin diabaikan dalam layout pabrik atau bangunan dan dalam desain permesinan, peralatan, perkakas, stasiun kerja dan proses.
  • Memberikan perubahan dalam prosedur kerja atau personel.
  • Mungkin dikembangkan setelah produksi dimulai.

Pengertian Job Safety Analysis

JSA merupakan identifikasi sistematik dari bahaya potensial di tempat kerja yang dapat diidentifikasi, dianalisa dan direkam. Hal-hal yang dilakukan dalam penerapan JSA :
  • Identifikasi bahaya yang berhubungan dengan setiap langkah dari pekerjaan yang berpotensi untuk menyebabkan bahaya serius.
  • Menentukan bagaimana untuk mengontrol bahaya.
  • Membuat perkakas tertulis yang dapat digunakan untuk melatih staf lainnya.
  • Bertemu dengan pelatih OSHA untuk mengembangkan prosedur dan aturan kerja yang spesifik untuk setiap pekerjaan.

Keuntungan dari melaksanakan JSA adalah :

  • Memberikan pelatihan individu dalam hal keselamatan dan prosedur kerja efisien.
  • Membuat kontak keselamatan pekerja.
  • Mempersiapkan observasi keselamatan yang terencana.
  • Mempercayakan pekerjaan ke pekerja baru.
  • Memberikan instruksi pre-job untuk pekerjaan luar biasa.
  • Meninjau prosedur kerja setelah kecelakaan terjadi.
  • Mempelajari pekerjaan untuk peningkatan yang memungkinkan dalam metode kerja.
  • Mengidentifikasi usaha perlindungan ynag dibutuhkan di tempat kerja.
  • Supervisor dapat belajar mengenai pekerjaan yang mereka pimpin.
  • Partisipasi pekerja dalam hal keselamatan di tempat kerja.
  • Mengurangi absent.
  • Biaya kompensasi pekerja menjadi lebih rendah.
  • Meningkatkan produktivitas.
  • Adanya sikap positif terhadap keselamatan.

Mengembangkan Sebuah JSA

A. Memilih Pekerjaan

Pekerjaan dengan sejarah kecelakaan yang buruk mempunyai prioritas dan harus dianalisa terlebih dulu. Dalam memilih pekerjaan yang akan dianalisa, supervisor sebuah departemen harus memenuhi faktor berikut ini :

  • frekuensi kecelakaan.
Sebuah pekerjaan yang sering kali terulang kecelakaan merupakan prioritas utama dalam JSA.

  • tingkat cedera yang menyebabkan cacat.
Setiap pekerjaan yang menyebabkan cacat harus dimasukan ke dalam JSA.

  • kekerasan potensi
Beberapa pekerjaan mungkin tidak mempunyai sejarah kecelakaan namun mungkin berpotensi untuk menimbulkan bahaya.

  • pekerjaan baru
JSA untuk setiap pekerjaan baru harus dibuat sebisa mungkin. Analisa tidak boleh ditunda hingga kecelakaan atau hamper terjadi kecelakaan.

  • mendekati bahaya
Pekerjaan yang sering hampir terjadi bahaya harus menjadi prioritas JSA.



B. Membagi Pekerjaan


Untuk membagi pekerjaan, pilihlah pekerja yang benar untuk melakukan observasi. Pilihlah pekerja yang berpengalaman, mampu dan kooperatif sehingga mampu berbagi ide. Jelaskan tujuan dan keuntungan dari JSA kepada pekerja.

Observasi performa pekerja terhadap pekerjaan dan tulis langkah dasar JSA. Rekaman video pekerjaan dapat digunakan untuk peninjauan di masa mendatang. Pertanyakan langkah awal pekerjaan dilanjutkan langkah selanjutnya dan seterusnya.

C. Identifikasi Bahaya dan Potensi Kecelakaan Kerja


Tahap berikutnya untuk mengembangkan JSA adalah identifikasi semua bahaya termasuk dalam setiap langkah. Identifikasi semua bahaya baik yang diproduksi oleh lingkungan dan yang berhubungan dngan prosedur kerja.

Tanyakan pada diri masing-masing pertanyaan berikut untuk setiap tahap:

- adakah bahaya mogok, akan mogok atau kontak yang berbahaya dengan objek pekerjaan?

- Dapatkah pekerja memegang objek dengan aman?

- Dapatkah gerakan mendorong, menarik, mengangkat, menekuk atau memutar yang dilakukan menyebabkan ketegangan?

- Adakah potensi tergelincir atau tersandung?

- Adakah bahaya jatuh ketika pekerja berada di tempat tinggi?

- Dapatkah pekerja mencegah bahaya saar kontak dengan sumber listrik dan kontak putus?

- Apakah lingkungan berbahaya bagi keselamatan dan kesehatan? Adakah konsentrasi gas beracun, asap, kabut, uap, debu, panas atau radiasi?

- Adakah bahaya ledakan?


D. Mengembangkan Solusi


Langkah terakhir dalam JSA adalah mengembangkan prosedur kerja yang aman untuk mencegah kejadian atau potensi kecelakaan. Beberapa solusi yang mungkin dapat diterapkan:

- Menemukan cara baru untuk suatu pekerjaan

- Mengubah kondisi fisik yang menimbulkan bahaya.

- Mengubah prosedur kerja,

- Mengurangi frekuensi pekerjaan.

Poin utama dari job safety analysis adalah : mencegah kecelakaan dengan antisipasi dan eliminasi serta mengontrol bahaya yang ada.



ini foto mekanik dan mr yang sedang melakukan JSA dan risk Assessment


Dikutip Dari : Berbagai sumber

Slogan K3 / moto K3 / Poster K3




Pabrik Gament merupakan salah satu tempat kerja yang banyak terdapat sumber bahaya (hazard) di dalamnya. Misalnya yaitu tertusuk jarum, tergores pisau mec cutting dan Pemakaian bahan kimia.
Resiko terkena bahan kimia berbahaya bisa menyebabkan kulit teriritasi, terbakar, muntah, pusing, gangguan penapasan sampai kematian.

Tentu perlu ada upaya untuk mengendalikan sumber-sumber bahaya tersebut (hazard control). Salah satunya adalah dengan menyosialisasikan apa yang disebut dengan safety slogan atau biasa disebut juga dengan safety motto atau moto Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Penerapan safety slogan di tempat kerja memiliki beberapa tujuan, diantaranya adalah untuk selalu mengingatkan akan pentingnya safety atau keselamatan kerja, bahaya di tempat kerja dan menyamakan persepsi semua pihak di dalam organisasi, untuk selalu memprioritaskan keselamatan kerja pada posisi pertama.

Berikut ini adalah beberapa contoh safety slogan atau moto K3 yang bisa kita gunakan di tempat kerja kita. Namun, tentu perlu diperhatikan relevansi moto K3 yang digunakan dengan kondisi K3 di tempat kerja kita.


1. Utamakan keselamatan
2. Jangan biarkan kecelakaan menghentikan kita
3. Bekerjalah dengan aman karena keluarga anda menunggu di rumah
4. Datang selamat, bekerja selamat dan pulang dengan selamat
5. Keselamatan adalah prioritas utama kami
6. Pikirkan keselamatan anda, sebelum mengambil tindakan apapun
7. Kecerobohan adalah upaya tercepat menuju kecelakaan
8. Anda lelah, beristirahatlah sejenak
9. Tidak ada kesuksesan tanpa keselamatan
10. Bekerja dengan aman adalah budaya kami
11. Safety berarti nihil kecelakaan
12. Jangan pernah lupakan keselamatan
13. Hindari kecelakaan, sebelum ia menghentikan kita
14. Keselamatan dan kesuksesan tidak dapat dipisahkan
15. Ikuti prosedur, taati aturan keselamatan kita akan sukses
16. Kami bisa, karena kami mengutamakan keselamatan
17. Bekerja dengan aman adalah cara bekerja yang terbaik
18. Keselamatan adalah gerbang kesuksesan
19. Ingatlah selalu, tanpa persiapan berarti tidak aman
20. Anda tidak akan bisa pulang tanpa bekerja dengan aman
21. Belajarlah dari kesalahan orang lain, jangan biarkan orang lain belajar dari kelalaian kita
22. Bekerjalah dengan selamat hari ini dan selamanya

 kalo sudah menemukan ide untuk slogan K3,
Silahkan pasang ditempat yang ramai dan mudah untuk dikunjungi...
Saya sudah memasang slogan K3 dan poster tentang K3 dan energi efisiensi yang ada dipabrik saya,..
Ini Aksiku, mana Aksimu...