Jamal Blog's

Belajar ngeblog = belajar kesabaran

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Posts

Search

Memuat...

Recent Comments

Copyright Text

Popular Posts

Keselamatan Kerja Dalam Menjahit

Keselamatan Kerja Dalam Menjahit


berikut salah satu tips dalam menjahit dari Distributor mesin jahit.

Yang dimaksud dengan keselamatan kerja adalah sikap pada waktu kita bekerja, setiap kerja dan cara menyimpan alat yang aman dan rapi.
Perkiraan kecelakaan pada saat menjahit busana atau lenan rumah tangga sangat kecil, namun kemungkinannya selalu ada kesempatan dan keamanan kerja perlu diperhatikan dalam menggunakan alat jahit , agar terhindar dari kecelakaan terutama pada alat jahit mesin industri yang pemakaian listriknya besar . Setiap saat keselamatan kerja kita terancam , hal ini disebabkan oleh sikap dan cara kerja yang kurang baik atau kurang berhati-hati misalnya jarum pentul yang berserakan dilantai dapat melukai orang lain.

Agar tidak mendapat bahaya dan kecelakaan waktu bekerja,ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan alat jahit,baik itu menjahit dengan mesin multifungsi atau mesin jahit high speed yang ada di garment,contoh mesin jahit tsb bisa anda lihat di Belajar menjahit

Berikut hal hal yang harus anda perhatikan,antara lain :

1. Sikap waktu bekerja ; Sikap tenang dan tidak terburu-buru.

2. Cara memotong benag ; Harus menggunakan gunting, jangn dengan gigi.

3. Tidak memasukan jarum pentul pada waktu mengepas atau menjahit,sebab
 kemungkinan jarum pentul itu dapat tetelan kedalam mulut.

4. Rambut yang panjang diikat waktu menjahit jangan dibiarkan terurai ,karena kemungkinan besar dapat tersambar roda mesin

5. Memutuskan dan mengalirkan aliran listrik
 Sebelum memulai menjahit, teliti dahulu petunjuk atau cara memakai alat
yang menggunakan tenaga listrik, berapa besar watt dan voltase yang dibuthkan sehingnga kita tidak salah mengunakannya, Periksalah dengan seksama keadaan kabel, jangan sampai ada isolasi yang terlepas.
Hal ini dapat membahayakan sipenjahit yang menggunakan mesin yang tenaga listriknya besar.
Sebaiknya kabel-kabel listrik dalam ruangan mesin jahit industri menggunakan instalasi yang dipasang diatas , ditanam dalam lantai agar tidak membahayakan yang bekerja. Gunakan penyambung listrik sticker pada mesin atau pada stop kontak atau dynamo agar tidak terkena minyak pelumas.
 Matikan aliran listrik apabila mesin tidak digunakan lagi untuk menjahit.

6. Cara memasukan bahan kemesin.
Bila sedang menjahit jangn memeasukan bahan kemesin dengan tangan terlalu kedepan karena ada kemungkinan jarunm akan mengenai tangan kita.

7. Menjaga keseriusan.Bila seseorang menggunakan mesin jahit jangan bermain-main, karma semua mesin jahit berbahaya. Akibatnya oerang tersebut akan mengalami kecelakaan misalnya tepotong atau terjahit tangannya.

8. Cara meletakkan gunting. Jangan meletakkan gunting diatas mesin jahit ,karena
Gunting bisa tejatuh pada saat menjahit sebaiknya sediakan kantong dari bahan untuk tempat gunting dan pemotong benang yang diletakan pada meja mesin jahit.

9. Penggunaan cicin jahit (bidal)
Agar jari tidak tertusuk jarum waktu menjahit dengan tangan , biasakan memeakai cicin jahit . Bekas tusukan jarum yang berkarat
dapat meninbulkan infeksi yang mengandung kuman tetasnus, dan dapat berakibat fatal bagi jiwa kita.(cincin jahit
Bidal dipakai dijari tangan tengah)

10. Menjaga kebersihan.
Jangan meletakkan makanan daminuman diatas mesin
Karena akan mengotori mesin.


Artikel diatas dapat dijadikan sebagai sumber refrensi untuk membuat S.O.P penggunaan mesin jahit

Semoga berguna
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Industri Tekstil / Jahit Menjahit / Tips dengan judul Keselamatan Kerja Dalam Menjahit. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://jamal-stories.blogspot.com/2012/12/keselamatan-kerja-dalam-menjahit.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Jamal udin - Minggu, 23 Desember 2012

Belum ada komentar untuk "Keselamatan Kerja Dalam Menjahit"

Poskan Komentar

Silahkan Tinggalkan Recehan